Visi

Pada tahun 2029, menjadi Magister Psikologi dengan keunggulan dan keunikan pada pengembangan sumberdaya manusia dan riset psikologi berperspektif lintas indigenous dalam keragaman budaya dan nilai-nilai keislaman dan memberi arah perubahan.

 

Kompetensi Lulusan Magister Psikologi

Kompetensi dasar lulusan Magister Psikologi, yaitu pengembangan teori psikologi, penelitian dalam bidang ilmu psikologi, dan transfer pengetahuan. Uraian ketiga kompetensi dasar tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengembangan Teori Psikologi. Lulusan Magsiter Psikologi diharapkan mampu untuk melakukan evaluasi, membandingkan, mengaitkan, dan merumuskan kembali teori psikologi secara kontekstual.
  • Penelitian dalam bidang ilmu Psikologi. Lulusan Magister Psikologi diharapkan mampu merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan penelitian (uji korelasional yang terdiri dari minimal dua variabel, uji kausal, uji model, atau uji korelasi/komparasi multi variabel) serta mempublikasikannya pada forum dan media akademik, setidak-tidaknya dalam forum akademik yang bersifat intern pada Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  • Transfer Pengetahuan. Lulusan Magister Psikologi diharapkan dapat mentransfer/menularkan/mengajarkan ilmu psikologi yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat luas maupun akademis.

Berdasarkan ketiga kompetensi dasar tersebut, selanjutnya dikembangkan dalam tiga bentuk kompetensi, yaitu kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya. Uraian ketiga bentuk kompetensi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kompetensi utama: kemampuan melaksanakan penelitian berdasarkan metode yang tepat dan teori yang relevan dengan permasalahan. Selain itu juga mampu menyusun alat ukur yang sesuai dan melakukan pengumpulan data serta mengolah data hasil penelitian sampai menyusun laporan
  • Kompetensi pendukung: kemampuan menganalisis persoalan-persoalan psikologis yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberikan kontribusi, solusi serta upaya-upaya pengembangan sesuai dengan konsep dan teori psikologi, dan metodologi penelitian.
  • Kompetensi lain: kemampuan secara mandiri maupun kerjasama kelompok dalam oraganisasi untuk mengembangkan gagasan-gagasan, mensosialisasikan, dan menerapkan ilmu.

 

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi bahan kajian dan pelajaran, cara penyampaian, serta sistem penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi.

Secara umum, kurikulum program magister berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 pasal 5 ayat 2, menyatakan bahwa beban studi program magister sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 semester dan selama-lamanya 10 semester termasuk penyusunan tesis setelah program sarjana atau yang sederajat.

Kurikulum Program Studi Magister Psikologi Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta ditetapkan sebanyak 41 SKS. Secara rinci, dengan kategori matakuliah wajib umum, mata kuliah wajib bidang minat utama dan matakuliah pilihan bebas, kurikulum disusun dalam struktur sebagai berikut.

Mata Kuliah Wajib Umum

NoNama Mata KuliahBobot SKS
1Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian Kualitatif3
2Statistik dan analisis data3
3Met. Pen. Kuantitatif dan Rancangan Eksperimen3
4Penyusunan dan Pengembangan Alat Ukur Psikologi3
5Psikologi Lintas Budaya3
6Tesis8
Jumlah23

Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Utama Psikologi Pendidikan

No.Nama Mata KuliahBobot SKS
1Psikologi Pendidikan Lanjut3
2Psikometri3
3Pembelajaran Quantum3
4Teori dan Metode Pen. Psikologi Pendidikkan3
Jumlah12

Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Utama Psikologi Klinis

No.Mata KuliahBobot SKS
1Psikologi Klinis Lanjut3
2Pengukuran Psikologi Klinis3
3Psikologi Kesehatan3
4Teori dan Metodologi Penelitian Psikologi Klinis3
Jumlah12

Mata Kuliah Wajib Bidang Minat Utama PIO

No.Nama Mata KuliahBobot SKS
1Konsep dan Teori PIOS3
2Psikologi Manajemen SDM dan kepemimpinan3
3Budaya Organisasi Lanjut3
4Teori dan Metodologi Penelitian PIO3
Jumlah12

Mata Kuliah Pilihan Bebas

No.Nama Mata KuliahBobot SKS
1Psikologi Pendidikan Anak Khusus3
2Psikologi Pendidikan Karakter3
3Konsep-konsep Bimbingan dan Konseling Pendidikan3
4Model Perubahan Perilaku3
5Konsep-konsep Psikoterapi3
6Psikologi Bencana3
7Psikopatologi3
8Psikologi Eksistensial Humanistik3
9Dinamika kelompok3
10Psikologi Komunitas3
11Psikologi Lingkungan3
12Psikologi Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah3
Jumlah36

Keterangan
Mahasiswa minimal mengambil dua mata kuliah (6 sks) dari mata kuliah pilihan bebas yang disediakan.