Visi

Pada tahun 2029, Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan sumberdaya pendidik dan peneliti bahasa-sastra Indonesia dan Inggris berdasarkan nilai-nilai keislaman yang berwawasan global dan memberi arah perubahan.
 

Standar Kompetensi Lulusan

Program Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi, baik yang bersifat utama, pendukung, maupun yang lainnya.

 

Kompetensi Utama

Kompetensi utama yang perlu dimiliki lulusan Program Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS adalah mencetak pendidik profesional dalam bidang bahasa-sastra Indonesia dan Inggris, dan menghasilkan tenaga ahli profesional yang memiliki kemampuan manajerial sehingga mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai program pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris yang lebih luas dan mampu mengambil langkah tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Untuk mencapai kompetensi utama tersebut diperlukan kompetensi-kompetensi berikut.

  • Menguasai linguistik dan ilmu sastra tingkat lanjut dan mampu mengaplikasikannya dalam pengajaran bahasa-sastra sastra Indonesia dan Inggris.
  • Memiliki kompetensi berbahasa dan bersastra baik secara lisan maupun tertulis sehingga menjadi model di lingkungannya.
  • Memiliki kemampuan yang baik dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum, materi ajar, dan alat evaluasi serta menerapkannya dalam pembelajaran.
  • Memiliki kemampuan mengajar bahasa-sastra Indonesia dan Inggris dengan berbagai pendekatan/metode/teknik yang inovatif.
  • Memiliki kemampuan mengevaluasi proses dan hasil belajar mengajar pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris dalam berbagai jenis dan tingkatan dan mengambil tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
  • Memiliki kemampuan penelitian tingkat lanjut khususnya dalam bidang pengajaran bahasa-sastra Indonesia dan Inggris.
  • Memiliki kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil pengembangan ilmu di bidang pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris.
  • Memiliki kemampuan reflektif sehingga menjadi praktisi yang mampu melihat kekurangan dan kelebihan diri guna meningkatkan kinerjanya

 

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yang perlu dimiliki lulusan Program Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS antara lain adalah memiliki keterampilan mengembangkan bahan ajar bahasa-sastra Indonesia dan Inggris berbasis keislaman.

 

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pengkajian Bahasa UMS mencakup mata kuliah wajib umum, matakuliah wajib bidang minat utama, mata kuliah pilihan bebas dan tesis. Secara keseluruhan jumlah SKS yang harus diselesaikan adalah minimal 42 SKS termasuk tesis. Penyelenggaraan pendidikan Program Studi Magister Pengkajian Bahasa UMS dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan ketentuan sesuai dengan Pedoman Umum dan Akademik SPs-UMS.

Kegiatan perkuliahan tatap muka dapat diselesaikan dalam waktu dua semester dan kegiatan secara keseluruhan sampai dengan penulisan tesis dapat ditempuh dalam waktu empat semester. Berikut ini adalah kurikulum Program Studi Magister Pengkajian Bahasa UMS sebagai berikut.

Daftar Mata kuliah Konsentrasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

No.Nama Mata KuliahBobot SKS
1Filsafat Ilmu3
2Kajian Budaya3
3Teori Sastra3
4Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar3
5Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra3
6Teori linguistik3
7Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra3
8Pengkajian Sastra3
9Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia3
10Keterampilan Berbahasa (Menulis dan Berbicara)3
11Psikolinguistik/ Pragmatik/ Stilistika/ Analisis Wacana / Linguistik terapan* )3
12Seminar proposal tesis3
13Tesis6
Jumlah42

Keterangan:
*) = Mata kuliah pilihan

Daftar Mata kuliah Konsentrasi Pengajaran Bahasa Inggris

No.NameCredit
1Philosophy of science3
2Cultural studies3
3Literary theories3
4Curriculum and material development3
5Methods of language and literary learning3
6Linguistics theories3
7Research methods on education, language and literature3
8Literary studies3
9Learning evaluation of language and literature3
10Language skills (writing and speaking)3
11Psycholinguistics/ Pragmatics/ Stilistics/ discourse analysis /Applied Linguistics* )3
12Seminar of proposal3
13Thesis6
Total42