toggle
Bahasa IndonesiaBahasa Inggris

PROGRAM DOKTOR

PENGUNJUNG

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday413
mod_vvisit_counterYesterday481
mod_vvisit_counterThis week2231
mod_vvisit_counterLast week3155
mod_vvisit_counterThis month7493
mod_vvisit_counterLast month19100
mod_vvisit_counterAll days638967

We have: 92 guests, 1 bots online
Your IP: 107.21.136.116
 , 
Today: Apr 17, 2014
Magister Pendidikan Islam PDF Cetak E-mail
Oleh Abdullah   
Senin, 28 Juni 2010 10:55

Program Magister Pendidikan Islam (MPd.I) berdiri pada tahun 1996 dengan nama MSI, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 569/1996. Telah diperpanjang dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama NO: Dj.I.IV/HK.005/53/2008. TERAKREDITASI dengan nilai B berdasarkan SK BAN PT Depdiknas RI Nomor: 019/BAN-PT/Ak-VI/S2/I/2009, tertanggal 10 Januari 2009. Visi MPdI adalah menjadi pusat studi dan rujukan pengembangan pendidikan Islam yang profetik terdepan di Indonesia.

Ketua Program Studi
Dr. Sudarno Shobron, M.Ag.

Sejarah

Magister Pendidikan Islam (MPdI), Pemikiran Islam (MPI) dan Hukum Islam (MHI) Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta semula bernama Program Magister Studi Islam (PMSI) berdiri berdasarkan SK Menteri Agama RI No.569/1996, mengelola 5 konsentrasi yakni Pendidikan Islam, Sosial Politik Islam, Sosial Budaya Islam, Hukum Politik Islam dan Filsafat Islam. Sejak tahun 2008 PMSI berubah menjadi 3 program studi, yakni Pendidikan Islam, Pemikiran Islam, dan Hukum Islam (kelas Internasional berbahasa Arab), semuanya telah terakreditas BAN PT.

 

Paradigma Keilmuan

1.    Mengembangkan kemampuan etik dan metodologis peserta program studi dalam menyerap dan mengembangkan tradisi keilmuan Islam dalam konteks ruang dan waktu kekinian dan masa mendatang, dengan prinsip taswir, ta'sil, tarsyid, dan tathwir.

  1. Taswir, dalam makna mendeskripsikan konsep keilmuan dengan pandangan hidup Muslim, yang bersumber ayat-ayat Qawliyyah dan ayat Kawniyyah.
  2. Ta'sil, dalam makna mengembalikan segala analisis keilmuan kepada sumber pokok ajaran Islam, Al-Quran dan Sunnah.
  3. Tarsyid, memberi arah kajian keilmuan dalam rangka pengembangan ilmu sekaligus amal dan pengabdian kepada Allah.
  4. Tathwir, dalam arti tumbuh dan berkembang secara kreatif dan mampu menawarkan penemuan baru dalam wacana keilmuan dan keislaman.

 

Masa Studi:

1.    Masa Studi pada Program Magister Pendidikan Islam, Pemikiran Islam dan Hukum Islam didesain  selama 4 semester (2 tahun) dengan 2 semester untuk perkuliahan teoritik (36 sks)  dan 2 semester untuk penulisan tesis (6 sks) dan ujian tesis, jumlah keseluruhan ada 42 sks. Ada beberapa mahasiswa yang dapat menyelesaikan studinya selama 1 tahun 7 bulan.

2.    Mahasiswa semester II sudah harus memiliki proposal tesis, sehingga pada semester III berkonsentrasi pada penulisan tesis, dan semester IV sudah ujian tesis.

 

Visi, Misi dan Tujuan

Visi   : Menjadi program studi Pendidikan Islam terdepan di Indonesia dalam membentuk akademisi dan pendidik profesional Muslim berwawasan integratif, aktual dan transformatif pada tahun 2020.

Misi    :

  1. Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset ilmiah yang diorientasikan pada pengembangan tradisi keilmuan dalam Islam, baik dari segi al-ashalah (orisinalitas) maupun al-mu'asharah (modernitas)
  2. Mengembangkan kemampuan etik dan metodologis peserta program studi untuk menyerap dan mengembangkan tradisi keilmuan Islam dengan prinsip taswir (diskriptif), ta'sil (orisinalisasi), tarsyid (transformatif), tathwir (pengembangan), tandhir (teoritisasi) dan tathbiq (implementasi) Islami,
  3. Mengembangkan pendidikan dan penelitian kependidikan Islam sebagai usaha untuk menghasilkan temuan-temuan baru dalam ilmu pendidikan Islam dan implementasinya bagi kemajuan kelembagaan pendidikan Islam,
  4. Memberikan pelayanan pengabdian pada masyarakat, terutama dalam sosialisasi perkembangan studi-studi pendidikan Islam.

Tujuan:

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas dalam pemikiran pendidikan Islam, pengembangan kelembagaan pendidikan Islam, dan pengembangan pengajaran Agama Islam.

2. Memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional di bidang pendidikan

Islam yang memiliki wawasan dan keterampilan dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesi.

3. Menghasilkan karya-karya penelitian tentang pendidikan Islam yang bermanfaat untuk pengembangan keilmuan pendidikan Islam dan rujukan untuk peningkatan kualitas pendidikan Islam di Indonesia.

4. Menghasilkan temuan-temuan baru dalam ilmu pendidikan Islam dan implementasinya bagi kemajuan kelembagaan pendidikan Islam.

 

Distribusi Mata Kuliah MPdI

Semester I

Nomor

Mata Kuliah

SKS

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Studi al-Qur’an

Metode Memahami Nusus Qur’an dan Sunnah

Islamic Worldview dan Konsep Ilmu dalam Islam

Metode Penelitian Pendidikan Islam

Studi Hadis

Perkembangan Pemikiran dan Peradaban Islam

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

18 sks

 

Semester 2

Nomor

Mata Kuliah

SKS

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Filsafat Pendidikan Islam

Manajemen Kurikulum

Teori dan Praktek Manajemen dalam Islam

Manajemen SDM dan Kelembagaan

Kapita Selekta Pendidikan Islam

TQM dan Pejaminan Mutu Pendidikan

3

3

3

3

3

3

 

Jumlah

18 sks

 

Semester 3

 

Mata Kuliah

SKS

 

Tesis

6

 

Kurikulum Khusus

Muhammadiyah memiliki tiga identitas yakni sebagai gerakan Islam, dakwah amar makruf nahi munkar, dan gerakan tajdid, yang pengimplementasiannya telah teruji dalam sejarah keindonesiaan lebih dari 100 tahun (1330 H-1434 H). Agar identitas menjadi bagian dari yang harus dipahami oleh bangsa Indonesia, maka lembaga pendidikan Muhammadiyah dari tingkat taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi wajib menghadirkan dalam bentuk mata pelajaran al-Islam dan Kamuhammadiyahan (AIK).

AIK menjadi ciri khusus lembaga pendidikan Muhammadiyah yang membedakan dengan lembaga pendidikan Islam lainnya, begitupun sekolah pascasarjana di Universitas  Muhammadiyahah Surakarta, sehingga setiap alumni memiliki atsar atau bekas yang melekat dalam dirinya nilai-nilai keislaman dan Kemuhammadiyahan .

Penyelenggaraan pengajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta bertujuan:

1. Agar mahasiswa memahami al-Islam dan Kemuhammadiyahan secara tepat berdasarkan al-Qur’an dan al-Sunnah al-Maqbulah serta keputusan resmi persyarikatan Muhammadiyah.

2. Agar mahasiswa dapat mengimplementasikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh semua mahasiswa pascasarjana dengan bobot 0 sks. AIK disajikan dalam bentuk tatap muka sebanyak 4 kali, dengan model stadium general (kuliah umum).

Mahasiswa yang lulus mendapatkan sertifikat kelulusan AIK sebagai syarat untuk mengikuti ujian Tesis.

 

Tenaga Pengajar

Para dosen yang mengajar di Program Studi Magister Pendidikan Islam, Pemikiran Islan dan Hukum Islam Sekolah Pascasarjana Univerrsitas Muhammadiyah Surakarta adalah guru besar dan doktor yang memiliki kompetensi keilmuan sesuai dengan mata kuliah di semua prodi. Mereka alumni dari pelbagai perguruan tinggi luar negeri dan dalam negeri, misalnya Mesir, Sudan, Riyadh, Arab Saudi, Malaysia, Madinah, IAIN, UIN, UI, UGM, UNY, UNAIR,  UNDIP, dan UMS sendiri. Diantarta mereka adalah:

1.    Prof. Dr. Abdul Karim, MA

2.    Prof. Dr. Muh. Zuhri, MA

3.    Prof. Dr. Suparman Syukur, MA

4.    Prof. Dr. Achmadi, MA

5.    Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, M.Hum

6.    Prof. Dr. Musa Asy’ari, MA

7.    Prof. Dr. Absori, M.Hum

8.    Prof. Dr. Yunahar Ilyas, M.Ag.

9.    Dr. Muhammad Muinudinillah, Lc., MA

10. Dr. Arifin Badri, MA

11. Dr. Adian Husaini, MA

12. Dr. Hamid Fahmi Zarkasyi, MA

13. Dr. Ahmad Zain Najah, MA

14. Dr. Zaenuddin MZ, MA

15. Dr. Irwandi Turmudzi, MA

16. Dr. Taufik Azhar, MA

17. Dr. Muhammad Ikhsan, MA

18. Dr. Abdul Khaliq Hasan, MA., M.Ed.

19. Dr. Khairuddin Hamsen, MA

20. Dr. Sudarno Shobron, MAg.

21. Dr. MA Fattah Santoso, M.Ag.

22. Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag.

23. Dr. Imron Rosyadi, M.Ag.

24. Dr. Aidul Fitriciada Azhari, M.Hum

25. Dr. Badaruddin, M.Ag.

26. Dr. Abdullah Aly, M.Ag.

27. Dr. Waston, M.Hum

28. Dr. Eko Supriytanto, M.Pd.

29. Dr. Samino, MM

30. Dr. Sabar Narimo, MM., M.Pd.

31. Dr. Haedar Nashir, M.Si.

 

Beasiswa

Program Studi Magister Pendidikan Islam, Pemikiran Islam dan Hukum Islam memberikan beasiswa kepada mahasiswa fresh student, dengan syarat:

1.    Belum Bekerja

2.    Pada saat mendaftar belum berusia 27 tahun

3.    Belum Menikah

4.    Membuat Surat Permohonan ditujuan kepada Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, dilampiri:

a.    Surat Pernyataan belum bekerja dan belum menikah bermeterai 6000.

b.    Foto Kopi KTP yang masih berlaku.

c.    Foto Kopi Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran

d.    Surat Keterangan Aktif di Muhammadiyah

 

Akomodasi

UMS memiliki asrama Pondok Pesantren Internasional KH Mas Mansur yang berada di kampus 4 (500 m dari Sekolah Pascasarjana) yang dapat dijadikan tempat tinggal selama studi atau tempat menginap (bermalam) dengan biaya yang murah.

Selama Studi di Sekolah Pascasarjana disediakan makan siang bersama di kampus. Makan siang merupakan media sharing antar mahasiswa dari semua program studi, sehingga menambah wawasan keilmuan dan ukhuwah Islamiyah.

 

Pendaftaran

1.    Waktu Pendaftaran

Program Studi Magister Pendidikan Islam, Pemikiran Islam, dan Hukum Islam menerima pendaftaran calon mahasiswa baru setiap semester (gasal dan genap).

 

No.

Semester

Kegiatan

Waktu

1.

Gasal

Pendaftaran

Maret – Juli

 

 

Seleksi dan TPA UUOPT Bappenas

Agustus

 

 

Orientasi Mahasiswa Baru

Agustus

 

 

Kuliah

Awal September

2.

Genap

Pendaftaran

Nopember – Januari

 

 

Seleksi dan TPA UUOPT Bappenas

Pebruari

 

 

Orientasi Mahasiswa Baru

Pebruari

 

 

Kuliah

Awal Maret

 

2.    Syarat Pendaftaran

Mengisis Formulir Pendaftaran yang dilampiri:

a.    Foto Kopi Ijazah dan Transkrip nilai S1 dari semua program studi/jurusan PTS atau PTS yang terakreditasi 1 lembar dengan IPK minimal 2,50.

b.    Pelunasan biaya pendaftaran dan seleksi sebesar Rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah)

c.    Pasphoto ukuran 2x3 dan 3x4 cm masing-masing 2 lembar

d.    Surat Rekomendasi akademik dari dua orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik (formulir disediakan)

e.    Daftar Riwayat Hidup (formulir disediakan)

f.     Identitas Diri (1 lembar fotokopi KTP).

 

Catatan:

1.    Pendaftaran dapat dilakukan melalui website UMS, http://pasca.ums.ac.id/

2.    Contact Person:

Suni Tuti, SP          HP   081548519180

Joko Sarjono, SE    HP    081931645867

Marjana                 HP   081329196347

 

LAST_UPDATED2
 

GALLERY

Please wait while JT SlideShow is loading images...
Akreditasi Magister Ilmu HukumSuasana PerkuliahanTes Potensi Akademik PascaAkreditasi MTphoto 8photo 9

AGENDA

April 2014
S M T W T F S
30 31 1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 1 2 3

ADMINISTRATOR


Admin